Timika (Antara Papua) - Tokoh masyarakat Suku Amungme, Nerius Katagame, mengeritik keras kinerja Pemkab Mimika, Papua, lantaran dinilai kurang memperhatikan pembangunan di wilayah pedalaman daerah itu.

"Pemerintah daerah seharusnya malu karena lembaga swasta seperti LPMAK (Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro) bisa membangun jalan, gedung sekolah, fasilitas kesehatan di pedalaman seperti di Agimuga. Yang punya rakyat bukan LPMAK tapi pemerintah daerah," kata Nerius Katagame kepada Antara di Timika, Senin.

Nerius mengaku bersyukur lantaran LPMAK `memiliki hati` untuk mendukung pembangunan bidang infrastruktur maupun pendidikan, dan kesehatan di wilayah pedalaman Mimika. Hal itu, katanya, seharusnya menjadi tugas dan tanggung jawab Pemkab Mimika.

Menurut Nerius, saat ini LPMAK membangun jalan beberapa kilometer di Distrik Agimuga yang menghubungkan Kampung Kiliarma-Aramsolki hingga Amungun.

"Sekarang ini yang bisa memperhatikan masyarakat di pedalaman Mimika hanya LPMAK karena kebetulan pimpinan LPMAK anak-anak daerah sendiri sehingga bisa memberi perhatian untuk masyarakat asli. Pertanyaan kami, Pemkab Mimika buat apa dengan APBD yang mencapai Rp1,7 triliun itu," ujarnya.

Nerius sangat berharap agar Bupati-Wakil Bupati Mimika terpilih, pasangan Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang yang akan segera dilantik oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe pada Sabtu (6/9) bisa memberi perhatian serius terhadap pembangunan di wilayah pedalaman Mimika.

"Saya harapkan Bupati-Wakil Bupati baru melihat masyarakat yang ada di kampung-kampung pedalaman dan pesisir pantai. Terutama masyarakat di Kokonao dan Agimuga yang merupakan dua distrik (kecamatan) tertua di Mimika. Dua distrik sejarah sejak zaman Belanda dan menjadi pusat kegiatan misi di wilayah Mimika itu harus diperhatikan," usul Nerius.

Wakil Ketua DPRD Mimika, Pieter Yan Magal, mengatakan Gubernur Papua Lukas Enembe akan melantik pasangan Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang pada Sabtu (6/9) mendatang bertempat di Gedung Eme Neme Yauware Timika.

"Kami di DPRD Mimika sangat siap dan sejak awal mendukung sepenuhnya agar Bupati-Wakil Bupati terpilih segera dilantik untuk memastikan program pembangunan dan penataan pemerintahan di Kabupaten Mimika bisa berjalan lebih baik lagi," kata Pieter.

Dia memprediksi acara pelantikan Bupati-Wakil Bupati Mimika terpilih akan dihadiri oleh ribuan warga Mimika termasuk dari kampung-kampung pedalaman.

Pasalnya, Eltinus Omaleng merupakan putra asli pertama dari Suku Amungme yang terpilih menjadi Bupati Mimika.

Untuk mengantisipasi membludaknya warga yang ikut menyaksikan acara tersebut, panitia akan menyediakan tenda-tenda dan layar lebar baik di sekitar Gedung Eme Neme Yauware maupun di Lapangan Timika Indah.

Setelah selesai acara pelantikan, Gubernur Papua Lukas Enembe bersama rombongan dan Bupati-Wakil Bupati Mimika terpilih akan bersama-sama masyarakat menggelar acara syukuran adat di Lapangan Timika Indah. (*)

Pewarta : Oleh Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024