Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi Papua telah berkomitmen untuk membangun media center di daerah itu agar dapat mewartakan tentang Papua, dan kesiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

"Kita butuh media center yang representatif dan baik sehingga bisa mewartakan Papua.  Media itu direncanakan akan dibangun tahun ini," kata Gubernur Papua Lukas Enembe, pada momentum pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Papua, di Jayapura, Sabtu.

Media center direncanakan dibangun di lokasi Kantor PWI Provinsi Papua yang beralamat di kawasan Entrop, Jayapura Selatan.

Menurut Lukas, kegunaan media center itu selain untuk kepentingan pemberitaan tentang Papua,  juga terkait Papua tuan rumah PON 2020.
 
Pemberitaan terkait PON 2020 menjadi tugas bersama, dan diharapkan PWI Pusat di Jakarta, ikut mendukung dalam berbagai kesempatan, sehingga penyelenggaraan nanti lebih baik.

"Meskipun beberapa kekurangan yang masih ada namun Papua tetap siap menjadi tempat penyelenggaraan PON itu," ujarnya.

Menurut mantan bupati Puncak Jaya itu, media center sangat penting, karena apapun akses informasi yang terjadi di Papua akan menjadi pemberitaan yang berdampak sangat luar biasa bagi daerah lain di Tanah Air.

"Hampir pesoalan di Indonesia sama, namun dampaknya tidak seperti dampak pemberitaan dari wilayah paling timur ini," ujarnya.

Gubernur Lukas meminta, draf perencanaan pembangunan media center segera dimasukan ke Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua.

Selain pembangunan media center, Pemerintah Papua juga menyiapkan bus PWI untuk memperlancar tugas kewartawanan.

Gubernur berharap, komunikasi yang selama ini sudah dibangun, dapat terus terjaga. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024