Jayapura (Antara Papua) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua, mengagendakan peningkatan satus empat unit rumah sakit regional dari tipe C menjadi tipe B.

"Kami upayakan empat rumah sakit regional dalam tiga tahun kedepan ditingkatkan statusnya menjadi rumah sakit tipe B," kata Kepala Dinas Kesehatan Papua drg Aloysius Giyai, di Jayapura, Selasa.

Keempat rumah sakit regional yang direncankan peningkatan statusnya menjadi rumah sakit tipe B yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke, RSUD Abepura, RSUD Mimika dan RSUD Biak.

"Baru saja RSUD Biak melaporkan berkasnya kepada kami dan saya lihat lengkap," katanya.

Menurut Aloysius, terdapat undang-undang baru dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang  menyatakan bahwa Kemenkes menyerahkan sepenuhnya sertifikasi penilaian oleh Dinas Kesehatan Provinsi, mengenai layak tidaknya dan memenuhi standar atau tidak suatu rumah sakit yang diusulkan untuk ditingkatkan statusnya.

"Tahun depan kami agendakan dua rumah sakit lagi untuk peningkatan statusnya menjadi rumah sakit tipe B," ujarnya.

Aloysius yang pernah menjabat direktur RSUD Abepura itu menyebut kedua rumah sakit tersebut yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Nabire dan RSUD Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Selain itu, terdapat enam rumah sakit sub regional yang sudah teraplikasi dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM)) Nasional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan juga masuk dalam agenda Kementerian Kesehatan RI.

Keenam rumah sakit tersebut yakni RSUD Paniai, RSUD Yapen, RSUD Boven Digoel, RSUD Kwaingga Keerom, RSUD Lanny Jaya, dan RSUD Pegunungan Bintang.

"Pengembangan enam rumah sakit sub regional tersebut sudah terdaftar dan akan ditindaklanjuti pengembangannya," kata Aloysius.

Mantan Kepala Puskesmas Koya itu menambahkan, keenam rumah sakit sub regional tersebut akan mendukung pelayanan kesehatan di rumah sakit tipe B.

"Jadi nanti alur pelayanan kesehatan pasien yang akan diterapkan kedepannya di Papua yaitu pelayanan di puskesmas naik ke rumah sakit pratama, rumah sakit tipe D, rumah sakit sub regional, rumah sakit tipe B regional baru naik rumah sakit rujukan nasional yakni RSUD dok II Jayapura," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024