Biak (Antara Papua) - Menteri Perhubungan Ignasius Jonan akan meninjau kesiapan pelaksanaan tol laut di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, pada Sabtu 7 Maret 2015.

"Menhub ke Biak dalam rangka percepatan angkutan jalan tol laut Biak-Surabaya dan Biak-Jakarta," kata Sekretaris Dinas Perhubungan Otto Wainggai menjawab Antara di Biak, Kamis.

Menurut dia, Menhub Ignasius Jonan bersama rombongan ke Kabupaten Biak Numfor akan menggunakan pesawat khusus dengan tujuan meninjau pelabuhan laut dan bandar udara Frans Kaisiepo.

Ia mengakui, sesuai rencana program Kementerian Perhubungan untuk operasional pelaksanaan tol laut untuk Kabupaten Biak Numfor akan direalisasikan pada awal April 2015.

Sedangkan untuk pengoperasian penerbangan internasional di bandara Frans Kaisiepo Biak, menurut Otto Wainggai, hingga sejauh ini belum jelas informasinya.

"Setelah melakukan peninjauan diharapkan dikeluarkan kebijakan menyangkut kelanjutan penerbangan internasional," katanya.

Otto mengakui, untuk menerima kunjungan kerja Menhub Ignasius Jonan bersama sejumlah pejabat Kementerian Perhubungan akan dikoordinasikan dengan instansi terkait sehingga acara kunjungan menteri bisa berjalan lancar sesuai jadwal.

Dijadwalkan rombongan Menhub Ignasius Jonan setelah selesai mengunjungi pulau Biak hingga Sabtu sore akan melanjutkan perjalanan dinas ke Jayapura, ibu kota provinsi Papua.

Berdasarkan data bandara Frans Kaisiepo Biak dengan panjang landasan mencapai 3.700 meter merupakan bandara terbesar di Indonesia bagian timur yang pernah melayani penerbangan internasional melalui Biak-Honolulu-Los Angeles di era 1980 sampai dengan 1990-an. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024