Jayapura (Antara Papua) - Kebun Bibit Hortikultura dan Laboratorium Kultur Jaringan milik Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Papua di Waena, Kota Jayapura, terus berupaya memperbanyak bibit buah merah melalui sistem kultur jaringan.

"Kalau tahun ini (2015) kita siapkan pembibitan buah merah untuk perbanyak melalui kultur jaringan," kata Kepala Kebun Bibit Hortikultura dan Laboratorium Kultur Jaringan Rohani Rerung di Jayapura, Selasa.

Ia mengatakan, pihaknya hingga kini terus berupaya memperbanyak bibit buah merah, karena tenggang waktu yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan buah surga tersebut cukup lama.

"Jadi kalau secara vegetatif saja belum bisa mencapai buah merah dengan jumlah puluhan ribu," katanya.

Menurut dia, jika pihaknya berharap dari cara vegetatif agak lama jadi dari Dinas Pertanian mengupayakan dengan kultur jaringan.

Ia mengatakan, dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura berencana akan mendatangkan tenaga dari luar untuk mengajar mengenai kultur jaringan buah merah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Samuel Siriwa mengatakan, buah merah menjadi ikon dan produk unggulan di Papua.

Ia menambahkan, hingga kini pihaknya terus berupaya membudidayakan buah surga tersebut di 13 Kabupaten di Provinsi Papua. (*)

Pewarta : Pewarta: Feronike Rumere
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024