Jayapura (Antara Papua) - Pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyatakan, angka kematian ibu dan anak di daerah itu semakin berkurang setiap tahun.

Sekretaris Dinas Kesehatan Papua dr Silvana Sumule di Jayapura, Jumat, mengemukakan, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI pada 2010 angka kematian ibu dan anak di Provinsi Papua kurang lebih 587 kasus.

Pada 2014 turun menjadi 448 kasus namun jika dibandingkan dengan target Milenium Devolopment Goals (MDGs) berada pada angka 102 atau masih sangat jauh.

"Belakangan ini Dinas Kesehatan Papua masih terus merampungkan data angka kematian ibu dan anak," ujarnya.

Silvanus mengatakan, jika dibandingkan dengan data 2010, ada penurunan namun mesti harus disampaikan bahwa penurunan itu lambat.

"Target kita dan menjadi target dari Pemerintah Provinsi Papua di tahun 2018 angka penurunan kasus kematian ibu dan anak harus berada pada posisi 228 per 100 ribu kelahiran hidup," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya tetap berharap semua elemen masyarakat bersama-sama berupaya dan bergandeng tangan agar angka kematian ibu dan anak turun.

"Kita terus berupaya bersama agar angka kematian ibu dan anak di Papua terus mengalami penurunan setiap tahun," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024