Jayapura (Antara Papua) - Telkomsel mengalihkan jaringaan data di Kabupaten Manokwari, Papua Barat dan Biak Numfor, Papua, dari menggunakan Sulawesi, Maluku, Papua Cable Sistem (SMPCS) menjadi jaringan satelit.

Menurut General Manager ICT Telkomsel Region Maluku and Papua Permata J. Simarmata, pengalihan tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan yang diakibatkan arus listrik.

"Jaringaan di Biak dan Manokwari ikut dimatikan karena perlu penguatan repiter untuk menghindari konsleting. Manokwari dan Biak sejak minggu dan dialihkan menggunakan satelit," tuturnya di Jayapura, Selasa.

Akibat pengalihan tersebut, sambungnya, kecepatan data yang diterima pelanggan Telkomsel akan lebih lambat karena kuota yang dilepas lebih kecil dibanding menggunakan SMPCS.

"Kalau SMPCS kuota data bisa sampai 1 GBPS (Giga Byte Per Second), sekarang dengan satelit kita kembali ke 515 MBPS," ujarnya.

Pengalihan yang dilakukan sejak 26 April tersebut, kata Simarmata, akan selesai ketika proses perbaikan SMPCS dinyatakan rampung, dan di prediksi hal tersebut bisa terjadi dalam waaktu beberapa hari lagi.

"Kalau cuaca bagus 1 Mei 2015 proses perbaikan sudah bisa selesai," ucapnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024