Jayapura (Antara Papua) - PT Korindo meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua untuk menyiapkan lahan percobaan terkait pembangunan kelistrikan sambil menunggu sejumlah perizinan dari pusat yang membutuhkan waktu cukup lama.

Kepala Departemen Konsultasi dan Divisi Sumber Daya PT Korindo, Hoon Kim, di Jayapura, Jumat, mengatakan untuk proyek percobaan pihaknya membutuhkan lahan seluas 50-100 hektare untuk ditanam berbagai macam jenis kayu atau pohon buah-buahan.

"Berbagai macam jenis kayu atau pohon buah-buahan pokoknya akan ditanam dulu, disitu satu sampai dua tahun kita sudah bisa tahu apa yang paling cocok ditanam di Papua," katanya.

Hoon menjelaskan, keberadaan pihaknya di Papua sudah 25 tahun, sehingga ingin membangun Hutan Tanaman Industri (HTI) kelistrikan di Bumi Cenderawasih.

"Saat Gubernur Papua berkunjung ke Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah dan melihat apa yang sudah ada di sana, beliau berkeinginan model tersebut juga harus ada di Papua," ujarnya.

Dia menuturkan, pihaknya membutuhkan lahan untuk tanaman sendiri yakni sekitar 7.000 hektare dan bisa menghasilkan listrik sebesar 10 megawatt.

"Untuk wujudkan keinginan gubernur, kami sudah melakukan survei ke beberapa daerah di Kabupaten dan Kota Jayapura untuk melihat mana yang cocok dikembangkan menjadi Hutan Tanaman Industri," katanya lagi.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua meminta PT Korindo untuk berinvestasi di wilayahnya, guna membangun tenaga listrik bio massa yang berintegrasi dengan Hutan Tanaman Industri (HTI).  (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024