Jayapura (Antara Papua) - Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Alfitra Salam meminta panitia inti pengurus besar PON 2020 Papua untuk segera menyiapkan rancangan induk pelaksanaan kegiatan olahraga nasional di wilayahnya.

"Rencana atau rancangan induk ini harus disiapan dalam waktu beberapa bulan, bahkan syukur jika bisa menjadi peraturan daerah (perda)," katanya di Jayapura, Selasa.

Alfitra mengharapkan rancangan induk itu nantinya juga menjadi solusi terbaik atas persoalan anggaran dalam pembangunan fasilitas dan infrastruktur PON 2020 di Papua.

"Pelaksanaan PON di Papua membutuhkan kompleks baru sehingga membutuhkan juga anggaran yang sangat besar," ujarnya.

Dia mengimbau Pemerintah Provinsi Papua bersama panitia inti pengurus besar PON 2020 untuk menggunakan infrastruktur berkelanjutan dalam membangun fasilitas olahraganya.

"Infrastruktur berkelanjutan ini bertujuan agar pasca-PON 2020, fasilitas olahraga tersebut tidak terbengkalai," katanya.

Dia mengatakan Pemprov Papua harus belajar dari provinsi-provinsi lain yang telah menyelenggarakan PON, jangan sampai kejadian yang sama terulang lagi di "Bumi Cenderawasih" itu.

"Kami sangat mengapresiasi Papua karena masih empat tahun lagi penyelenggaraan PON di wilayahnya, namun tahun ini sudah melantik panitia inti pengurus besar PON 2020," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024