Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berharap perguruan tinggi maupun instansi vertikal khususnya Badan Pusat Statistik (BPS) mendukung penyediaan basis data pembangunan di wilayah itu.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua Elia Loupatty di Jayapura,  mengatakan, dukungan tersebut dapat melalui Unit Pusat Data dan Analisis Pembangunan dalam rangka keterpaduan langkah bersama di Papua.

"Selain perguruan tinggi dan instansi vertikal, Pemprov Papua juga menginstruksikan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungannya untuk mendukung penuh Unit Pusat Data dan Analisis Pembangunan melalui sistem informasi yang disediakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)," katanya.

Menurut Elia, data merupakan salah satu kunci utama keberhasilan pembangunan sehingga data yang berkualitas akan menjadi rujukan bagi pemerintah daerah dalam perumusan kebijakan.

"Perumusan kebijakan ini mulai dari proses penyusunan rencana pembangunan daerah, pemantauan hingga pengendalian pelaksanaan sampai dengan evaluasi dari pelaksanaan rencana itu," ujarnya.

Di samping itu, penyediaan data berkualitas akan menghasilkan informasi sebagai dasar utama pengambilan kebijakan dan keputusan yang menjawab harapan seluruh masyarakat secara mendasar, lebih tepat dan berhasil guna.

"Karenanya untuk menunjukan komitmen Pemprov Papua dalam mewujudkan suatu basis data pembangunan Papua, maka kami telah meresmikan Unit Pengelola Teknis Badan Pusat Data dan Analisa Pembangunan Papua pada 8 Oktober 2015," katanya lagi.

Dia menambahkan forum data berfungsi sebagai tempat penyediaan data dan informasi yang terkini dan akurat sehingga hal ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024