Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah membentuk desk pilkada menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak di 11 kabupaten yang ada di wilayahnya.

"Desk pilkada yang dibentuk Pemprov Papua beranggotakan unsur pemerintah daerah, kepolisian dan kejaksaan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Rabu.

Hery menjelaskan pembentukan desk pilkada ini bertujuan untuk penanganan pelanggaran pilkada jika ada laporan yang masuk.

"Ini juga merupakan respon dari instruksi Presiden RI Joko Widodo kepada pemerintah provinsi untuk mengawasi kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak dan mengantisipasi daerah-daerah rawan konflik," ujarnya.

Dia menuturkan di Papua ada beberapa daerah yang budaya politiknya berbeda dengan daerah lain, tapi hal itu telah diantisipasi dengan melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait.

Untuk itu, dia berharap adanya, sinergi dan koordinasi yang baik antara pemerintah, masyarakat dengan pihak keamanan baik Polri maupun TNI sehingga pilkada dapat terlaksana dengan baik dan aman.

Sampai saat ini, menurut dia, tahapan pilkada serentak di wilayah Papua hingga kini berjalan dengan baik dan lancar. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024