Jayapura (Antara Papua) - Gerakan Pemuda Sehat (GPS) Papua mengagendakan jalan sehat untuk memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia di Kota Jayapura pada 1 Desember 2015.

Ketua Majelis Pimpinan Wilayah GPS Papua Hendrik Yance Udam di Kota Jayapura, Selasa, mengatakan kegiatan itu mengusung tema "Jalan Sehat Menuju Generasi Indonesia, Generasi Papua Sehat".

"Jalan sehat itu akan `start` di Taman Imbi, pusat Kota Jayapura ke Jalan Percetakan kemudian lewati Gedung DPR Papua dan `finish` kembali di Taman Imbi, akan dilaksanakan pada 1 Desember 2015," katanya.

Ia mengatakan jalan sehat akan melibatkan segenap elemen masyarakat di Kota Jayapura dan sekitarnya.

Pada kesempatan itu, katanya, sekaligus sebagai saat yang baik untuk mengampanyekan tentang hidup sehat yang diawali dari pribadi masing-masing.

"Semua lapisan masyarakat akan dilibatkan dalam kegiatan jalan sehat. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa," katanya.

Selain itu, kata Hendrik Yance Udam yang akrab disapa HYU itu, pihaknya juga akan menggelar dialog tentang HIV/AIDS yang bertujuan memberikan pemahaman kepada seluruh masyarakar Kota Jayapura tentang bahaya penyakit tersebut.

"Serta meluruskan stigma buruk terhadap Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) dan mengajak ODHA secara bersama-sama berantas HIV dengan tema `Generasi Papua Hidup Sehat, Bebas Tanpa HIV AIDS`," katanya.

Ketua panitia kegiatan itu, Arius Yahuli, mengaku pihaknya telah siap menggelar dialog HIV/AIDS pada pekan depan.

"Persiapan sudah optimal dan siap digelar pada 1 desember mendatang," kata Arius.

Sekretaris GPS Papua Andre Irreuw mengatakan pihaknya mengajak kepada pemuda dan pemudi untuk menjauhi perilaku seks di luar nikah, mengonsumsi narkoba, dan minum minuman keras.

"Inti dari dua kegiatan yang akan kami gelar itu ingin mengajak pemuda pemudi Papua agar hidup sehat, jauhi hidup yang bisa memberikan efek negatif sehingga bisa berkarya sesuai dengan kemampuan masing-masing," katanya.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Papua pada 2014, penyebaran HIV/AIDS mencapai 17.639 jiwa. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024