Jayapura (Antara Papua) - Unit Percepatan Pembangunan Kesehatan Papua mengimbau kepada masyarakat di daerah itu agar mengantisipasi virus Zika yang kini mewabah di Amerika Latin.

"Kami mengimbau kepada masyarakat harus ekstra hati-hati terhadap virus Zika," kata Kepala Bidang Kesekretariatan UP2KP Alexander Krisifu di Jayapura, Jumat.

Ia mengatakan harus ada sosialisasi kepada masyarakat tentang gejala-gejala Zika dan juga tindakan apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi penyakit baru itu.

"Untuk penyakit yang baru ini atau Zika ini harus ada tindakan-tindakan pencegahan," ujarnya.

Menurut dia, harus ada pos-pos baik di bandar udara maupun di pelabuhan untuk mengantisipasi masuknya virus Zika.

Selain itu, katanya, pos itu juga bertujuan untuk mengantisipasi penyebarannya di Papua.

"Caranya bagaimana kita kembalikan ke instansi teknis yakni Dinas Kesehatan untuk melakukan tindakan antisipasi," ujarnya.

Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura dan petugas Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, mengantisipasi masuknya virus zika dengan melakukan pemeriksaan intensif terhadap arus masuk dan keluar orang yang datang dan pergi di wilayah itu.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinas Kesehatan Kota Jayapura Eddy H Simangunsong mengatakan untuk mencegah maksuknya virus Zika, Dinas Kesehatan Kota Jayapura sudah bekerja sama dengan KKP Jayapura dan petugas bandara untuk melakukan pencegaan dan pemeriksaan secara ketat terhadap orang yang datang dan pergi di Pelabuhan Jayapura dan Bandara Sentani. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024