Jayapura (Antara Papua) - Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) mengundang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolikara, Porvinsi Papua, untuk mempresentasikan kesuksesan program 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) di daerah.

"Kami dari Tolikara pada 3 Maret nanti, kami diundang Persagi untuk presentase di Grand Abe Hotel di Abepura, Jayapura, tentang kisah sukses program 1.000 HPK di Tolikara," kata Kepala Dinas Kesehatan Tolikara, Yusak Totok Krido Saksono, di Jayapura, Selasa.

1.000 HPK atau seribu hari pertama kehidupan merupakan masa awal kehidupan yang dimulai saat di dalam kandungan sampai dua tahun pertama setelah kelahiran.

Menurut Yusak, tujuan dari program 1.000 HPK berkaitan dengan masalah pemberian gizi untuk ibu hamil dan anak yang dikandungnya.

"Makanya, dengan kisah sukses ini Persagi mengundang kami dari Pemerintah Kabupaten Tolikara yakni Pak Bupati, dan Kepala Dinas Kesehatan untuk mempresentasikan hasil kesuksesan itu," katanya.

Yusak mengatakan, Ketua Persagi akan hadir dalam pertemuan nanti, selain Direktur Gizi Kementerian Kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya, serta para praktisi gizi di Papua.

"Diharapkan momentum presentasi itu, dapat digunakan sebagai bahan acuan di tempat yang lain atau di wilayah lainnya di Papua," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah menerima undangan dari Persagi untuk memprensentasikan program 1.000 hari pertama kehidupuan di daerah Tolikara.

"Kami sudah terima undangan dari Persagi dan sementara ini kami lagi persiapkan materi presentase untuk nantinya dipresentasikan kepada peserta dan pemangku kepentingan yang akan hadir," tambah Yusak. (*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024