Jayapura (Antara Papua)- Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, berziarah ke makam tokoh Papua Theys Eluay yang berlokasi di samping lapangan sepak bola Sentani, Kabupaten Jayapura, Rabu pagi.

 Menko Polhukam didampingi Bupati Jayapura Matius Awoitauw dan anak lelaki pertama almarhum Theys Eluay, Boy Eluay.

Kunjungan Menko Polhukam ke makam dilakukan sesaat sebelum bertolak meninggalkan Jayapura menuju Port Moresby (PNG) dan Fiji.

Menko Polhukam Luhut Pandjaitan dalam beberapa pernyataannya selama kunjungan kerja ke Jayapura menyatakan almarhum Theys Eluay sebagai sahabat.

Bahkan saat menjabat sebagai Menteri Perindustrian dan Perdagangan beberapa kali mengajak Theys Eluay turut dalam rombonganya, termasuk saat bertemu dengan Presiden Irak Saddam Husein.

"Saya sedih kehilangan sahabat saya," ujar Luhut.

Theys Eluay (64) mantan Ketua Presidium Papua ditemukan meninggal di Muara Tami, 11 November 2001, setelah sehari sebelumnya 10 November menghadiri peringatan hari Pahlawan di pos kotis kopassus di Hamadi, Kota Jayapura.

Enam anggota TNI AD diajukan kepengadilan militer dan dijatuhi hukuman termasuk komandan satgas kopassus yang bertugas saat itu Letkol Inf Hartomo.

Delegasi RI yang dipimpin Menkopolhukam bertolak ke Moresby, PNG dengan menggunakan pesawat Boeing 737-40 0 TNI AU. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024