Timika (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menganggarkan Rp1 miliar guna mendukung kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang berlangsung di Kampung Mulia Kencana-SP7, Distrik Iwaka.

Sekretaris Daerah Mimika Ausilius You di Timika, Rabu, mengatakan Pemkab Mimika segera mencairkan anggaran tersebut mengingat TMMD akan digelar serentak di seluruh Indonesia mulai 3 Mei hingga 3 Juni 2016.

Guna mempercepat penyelesaian pembangunan fisik dalam program TMMD tersebut, para prajurit TNI telah menggelar kegiatan pra-TMMD sejak pertengahan April.

"Kami akan segera mencairkan anggaran itu mengingat waktunya semakin dekat," kata You.

Ia meminta jajaran instansi terkait di lingkungan Pemkab Mimika ikut terlibat aktif dalam menunjang kegiatan TMMD di Kampung Mulia Kencana.

Instansi yang akan terlibat langsung dalam kegiatan dimaksud, seperti Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.

Komandan Kodim 1710 Mimika Letkol Infanteri Andi Kusworo menjelaskan pemilihan lokasi kegiatan TMMD di Mulia Kencana karena pertimbangan kondisi topografi di wilayah itu yang berawa-rawa sehingga sering tergenang air, terutama saat musim hujan.

Kampung Mulia Kencana dihuni 480 keluarga dengan jumlah jiwa 9.880 orang. Warga yang berdomisili di kampung tersebut merupakan penduduk campuran asli Papua dan warga dari luar Papua.

Program TMMD tahun ini, katanya, menyasar enam program fisik ditambah dua rencana pembangunan fisik "over-prestasi".

Kegiatan tersebut akan melibatkan 112 personel TNI didukung personel Polri, staf Pemkab Mimika, dan sekitar 50 warga Kampung Mulia Kencana. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor :
Copyright © ANTARA 2024