Sentani (Antara Papua) - Menteri BUMN Rini M Soemarno menyerahkan 160 bibit ekor babi, 2.000 kilogram bibit ubi dan 2.500 bibit padi kepada kelompok tani di lima kabupaten di Papua.

Penyerahan bibit babi, ubi dan padi itu dilakukan oleh Menteri Rini di Pasar Phara, Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, usai mendampingi Presiden Joko Widodo dan rombongan ke Depapre, lokasi pembangunan pelabuhan peti kemas.

"BUMN memang saya dorong untuk bagaimana membantu dan membangun kesejahteraan masyarakat, seperti kegiatan disiang ini," kata Menteri Rini dalam sambutannya usai menyerahkan bibit ternak dan tanaman kepada wakil kelompok tani.

"Kami (pemerintah) selalu berharap BUMN ini bisa membantu, ada BTN, BRI, BNI, Mandiri, Pegadaian dan lainnya yang banyak aktivitas di Papua, saya tekankan agar bisa bantu lebih banyak masyarakat Papua agar bisa sejahterah," lanjutnya.

Masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan dari pada BUMN, kata Rini, bisa mendatangi kantor yang ada di daerah setempat dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi keluarga menuju sejahtera.

"Masyarakat juga bisa datang ke BUMN untuk dapat bantuan, saya berterima kasih pada BUMN, dan disini masih banyak masyarakat kecil tepencil yang memutuhkan bantuan, harapannya ini bisa dibantu," kata Menteri Rini.

Selain menyerahkan bibit ternak dan tanaman, Menteri Rini juga melihat penandatanganan akad kredit kepemilikan rumah dari Bank BTN kepada nasabah, dan menyerahkan secara simbolik sebuah kunci rumah.

Lima kabupaten yang menerima bibit babi, ubi dan padi itu yakni Kabupaten Jayapura, Tolikara, Jayawijaya, Lanny Jaya, dan Puncak Jaya, yang diwakili oleh kelompok petani dan tokoh masyarakat.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan rombongan didamping Gubernur Lukas Enembe meletakkan batu pertama pembangunan pasar Mama-mama Papua di Kota Jayapura.

Kemudian, menyempatkan diri meninjau sajauh mana pembangunan Pasar Phara Sentani yang terletak di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Di Pasar Phara, Presiden Jokowi terlihat sekitar lima menit meninjau dan berbincang dengan rombongannya," kata Yosis Felle, salah satu tokoh masyarakat Sentani dari Kampung Yobe.

Menurut dia, Presiden Jokowi sempat meihat maket pembangunan Pasar Phara dan sejumlah baliho yang menggambarkan bangunan pasar.

"Tidak sempat berbincang banyak, hanya melihat. Tapi, saya bangga, pak presiden mau melihat pasar ini yang dibangun olehnya. Semoga apa yang dijanjikan beliau segera terwujud," harap Yosis Felle. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024