Jayapura (Antara Papua) - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian mempimpin upacara serah terima 15 jabatan perwira di lingkup kodam yang digelar di aula Tonny A Rompis, Makodam, Bukit Polimak, Kota Jayapura, Papua, Jumat.

Para pejabat yang baru masuk di lingkup Kodam Cenderawasih, diantaranya Kolonel Inf Husein Sagaf SH sebagai Staf Ahli Pangdam Bidang Ilpengtek, Kolonel Inf Mochamad Luthfie Beta S.Sos sebagai Kasrem 173/PVB, Kolonel Kav Edward Sitorus sebagai Aster Kasdam, dan Kolonel Cku Asep Hendi Permana sebagai Kakudam XVII/Cenderawasih.

Kolonel Inf Rusmili, S.Ip sebagai Wadan Rindam XVII/Cenderwasih, Kolonel Czi Yudha Rusniawan Sebagai Kazidam XII/Cenderawasih, Letkol Chk Fajar Sulistyantono SH sebagai Kakumdam XVII/Cenderawasih dan Letkol Inf Frits Willem Rizard Pelamonia Sebagai Danbrigif-20/IJK.

Kemudian, Letkol Czi Setya Gantiarta sebagai Kasilog Korem 173/PVB, Letkol Kav Siswono sebagai Kasiter Korem 173/PVB. Sedangkan pejabat yang pindah satuan adalah Kolonel Inf Widjanarko, Kolonel Czi Sujadi, Kolonel Cku Bambang Widiyoko, Kolonel Inf Dian Hardiana, dan Kolonel Inf Budiastawa.

Pada momentum itu, Pangdam menyampaikan tradisi korp penerimaan perwira adalah salah satu upaya untuk menanamkan rasa memiliki, mencintai dan bertanggung jawab terhadap keberadaannya di satuan yang baru.

"Kondisi inilah yang selalu kita tumbuh kembangkan dalam rangka pembinaan personel," katanya.

Ia mengatakan, serah terima jabatan merupakan hal yang lumrah dalam rangka `tour of duty dan tour of area` serta sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan personel dalam dimensi kepemimpinan, manajemen dan profesionalitas keprajuritan.

Sementara alih tugas dan jabatan adalah bagian dari pola pengembangan integritas para perwira dalam membangun kapasitas kepemimpinan serta manajerial di berbagai bidang tugas dengan mengedepankan profesionalisme keprajuritan.

"Sebagai warga baru para perwira harus memahami makna sejarah perjuangan Kodam XVII/Cenderawasih, memahami makna Ksatria Pelindung Rakyat dan pokok-pokok kebijakan Pimpinan Kodam maupun protap-protap yang berlaku di satuan masing-masing," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024