Jayapura (Antara Papua) - Babinsa Koramil 1705-01/Nabire Serma Marselus Tunyanan bersama petugas penyuluh lapangan (PPL) dan Kelompok Tani Tongku Sitoruk melaksanakan panen raya padi, pada Minggu (5/6).

Serma Marselus merupakan Babinsa yang bertugas di Kampung Malompo Distrik Nabire, dan sawah yang dipanen merupakan lahan milik Korem 173/PVB yang digarap warga setempat sejak Maret 2016.

"Tidak ada kendala berarti yang dihadapi petani dalam musim tanam kali ini, bahkan dengan curah hujan yang cukup dan dukungan bibit unggul serta pupuk dari Dinas Pertanian Kabupaten Nabire sehingga hasilnya sangat memuaskan, dua kali lipat dari panen sebelumnya," kata Marselus dalam rilis yang diterima Antara di Jayapura, Senin.

Ia mengatakan, pendampingan dalam panen padi itu merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab seorang Babinsa yakni membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah agar wilayah Papua menjadi swasembada pangan nasional.

Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa diharapkan hasil panen cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat.

"Kami Babinsa akan selalu membantu petani untuk meningkatkan hasil panen yang semakin baik dan meningkat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Tongku Sitoruk menyampaikan bahwa masyarakat sangat senang dengan adanya bantuan dari Babinsa yang terjun langsung membantu para petani, memberikan penyuluhan dan bimbingan tentang cara bertani agar hasil yang didapat bisa maksimal.

"Dengan adanya pendampingan dari para Babinsa hasil panen tahun ini cukup bagus, sehingga kesejahteraan para petani dapat meningkat," ujarnya.

Diharapkan hal ini terus berlanjut sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan secara nasional sekaligus warga tidak sampai kekurangan pangan.

Kelompok Tani Tongku Sitoruk adalah kelompok tani yang sudah mendapat izin dari Kodim 1705/Paniai untuk menggarap sawah di tanah milik Korem 173/PVB  yang memiliki luas kurang lebih 21 hektare. (*/adv)


Pewarta : Pewarta: Anwar Maga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024