Merauke (Antara Papua) - Kedutaan Besar Uni Eropa menawarkan program ekowisata kepada Pemerintah Provinsi Papua, lebih khusus Kabupaten Merauke untuk dikembangkan di sana.

Duta besar Uni Eropa Vincent Guerend, di Merauke, Rabu, mengatakan program itu sudah diberlakukan di beberapa daerah di Indonesia, misalnya di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Dengan senang saya ingin membagi dengan pemda di sini, yaitu progam ekoturis. Di mana mereka mengembangkan pariwisata dari desa - desa terkecil, dan bisa menerima turis dalam jumlah kecil dan tetap menjaga lingkungan," katanya.

Menurut dia, Provinsi Papua memiliki potensi wisata yang besar untuk dikembangkan, baik hewan, tumbuh - tumbuhan dan keindahan alam sehingga program itu sangat cocok dikembangkan.

"Saya melihat bahwa Papua dan Merauke memiliki potensi yang sangat besar untuk mengembangkan ekoturis," katanya.

Kepada pemda setempat, diharapkan mengelola cagar alam Wasur di kabupaten itu dengan baik dan pihaknya bersedia memberikan dukungan pendanaan.

"Muda-mudahan cagar alam Wasur dapat memanfaatkan potensi ini untuk mendapatkan dana yang dapat digunakan untuk mengembangkan cagar alam itu," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024