Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (pemkab) Jayapura yang cukup konsisten menyelenggarakan Festival Danau Sentani (FDS) setiap tahun hingga even kesembilan pada 2016.

"Pemprov menilai FDS perlahan tapi pasti trennya selalu naik, ada yang muncul lalu tenggelam. Kami yakin FDS akan tetap eksis dan memberikan dalam dunia pariwisata," ujar Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, di Jayapura, Senin.

Ia menyebut penyelenggaraan FDS bisa memberi kesan positif kepada para pengunjung yang masuk ke Papua karena lokasi penyelenggaraannya merupakan pintu masuk bagi provinsi yang letaknya paling timur di Indonesia.

"FDS juga mempunyai peran strategis karena ini ada di Kabupaten Jayapura yang merupakan wajah Provinsi Papua. Karena itu jadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan FDS," kata dia.

Klemen pun berharap agar setiap pengunjung yang datang ke FDS bisa mendapatkan kesan baik dan membantu mempromosikan keindahan budaya dan alam Papua kepada dunia luar.

"Danau sentani nomor satu terluas di Papua dan yang paling populer. Kita harap empat hari ke depan, banyak hal yang kita lakukan, dan semoga para tamu bisa mendapatkan sesuatu yang bisa mereka bagikan ke masyarakat luas," ujarnya lagi.

Penyelenggaraan FDS IX berlangsung pada 19-23 Juni 2016 dan akan menampilkan puluhan tradisional yang ada di sekitar Jayapura.

Pengunjung juga diberi kesempatan untuk melakukan tur ke sejumlah kampung yang ada di kawasan Danau Sentani.

Hadir dalam pembukaan FDS IX 2016, Sekda Provinsi Sandawn, Papua Nugini, Wakil Gubernur Papua, Kepala BNN Papua, Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multi Kultur. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024