Jayapura (Antara Papua) - Komandan Koramil (Danramil) 1713-01/Kaimana Kapten Inf Hardiman memimpin langsung pembuatan jamban untuk masyarakat Kampung Coa, Distrik Kaimana, Kabupaten Kaimana, Papua Barat, pekan ini.

"Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengatasi masalah kesehatan dan kebersihan lingkungan di wilayah Koramil 1713-01/Kaimana," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua.

Kegiatan itu merupakan salah satu program serbuan teritorial yakni pembangunan sejuta jamban.

"Titik-titik pembangunan jamban difokuskan pada rumah-rumah penduduk yang belum memiliki jamban, ataupun rumah penduduk yang kondisi jambannya belum memadai," katanya.

Dengan adanya pembangunan jamban ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang kurang mampu, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

"Ini juga sebagai wujud kepedulian Koramil 1713-01/Kaimana kepada masyarakat tentang kebersihan dan kesehatan. Harapan kami, masyarakat semakin memahami tentang perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga penyebaran berbagai penyakit akibat lingkungan kotor akan semakin berkurang," katanya.

Kegiatan ini, kata dia, ternyata mendapat sambutan yang antusias dan positif dari masyarakat setempat yangterlihat dari keikutsertaan masyarakat dalam pembuatan jamban ini.

Masyarakat setempat melalui kepala dusun mengucapkan banyak terimakasih khususnya kepada anggota Koramil 1713-01/Kaimana atas bantuan dan kerjasama dalam pembuatan jamban/MCK.

"Mereka sampaikan semoga bantuan dan kerjasama yang terjalin itu dapat meningkatkan taraf hidup dan kesehatan bagi masyarakat serta semakin mempererat kemanunggalan TNI ditengah-tengah masyarakat," katanya.(*)


Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024