Wamena (Antara Papua) - Penari India yang berasal dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia turut memeriahkan Festival Budaya Lembah Baliem ke-27 yang dilaksanakan selama tiga hari sejak 8-10 Agustus 2016 di Distrik Welesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Pooja Bhatnagar, Penari Kathak Jawaharlal Nehru India Culture Centre (JNICC) dari Kedutaan Besar India untuk Indonesia, di Wamena, Rabu, mengatakan pihaknya sungguh senang bisa menampilkan kebudayaan di negaranya berupa tari-tarian.

"Kami juga senang bisa mendapat kesempatan melihat beragam budaya Indonesia khususnya yang berada di Papua," katanya.

Menurut Pooja, undangan untuk menghadiri Festival Budaya Lembah Baliem ini memberikan kesempatan melihat budaya Papua yang unik, di mana belum tentu bisa diperoleh di tempat lain.

Senada dengan Pooja Bhatnagar, Bupati Jayawijaya Jonh Wempi Wetipo mengatakan pihaknya juga menyampaikan ucapan terima kasih yang besar atas kehadiran tujuh duta besar dan rombongannya di Lembah Baliem.

"Ini merupakan festival pertama yang bisa dihadiri oleh tujuh duta besar dan rombongannya sejak even ini dilaksanakan pertama kali," katanya.

Wempi menuturkan beberapa duta besar bahkan berjanji akan datang kembali di tahun mendatang bersama dengan keluarga dan masyarakatnya yang lain.

"Hanya para duta besar ini berpesan untuk lebih memperbaiki infrastruktur serta sarana dan prasarana guna menunjang pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem ini," ujarnya.

Sekadar diketahui, selain Duta Besar Italia Vittorio Sandalli, hadir pula Duta Besar Swiss Yvonne Baumann, Kepala Deputi Misi Kedutaan Besar Armenia Vardan Sargsyan, Duta Besar Hungaria Judit Nemeth Pach, Duta Besar Bulgaria Sergey Michev, Duta Besar Mexico Federico Salas dan Direktur Budaya dan Akting Kedutaan Besar India Rohit Babbar. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024