Jayapura (Antara Papua) - Sekitar lima ratusan warga Kampung Waena, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Rabu siang hingga sore menggelar berbagai lomba untuk menyemarakkan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI.

Kepala Kampung Waena Cornelis Moduow di Kota Jayapura, Rabu malam, mengatakan lomba yang digelar secara bersamaan itu di antaranya lomba panjat pinang dan tarik tambang.

"Warga sangat antusias dengan kedua lomba ini, sampai-sampai ada berebutan untuk panjat pinang agar mendapatkan hadiah hiburan," katanya.

Lomba panjat pinang dan tarik tambang itu, kata dia, disponsori para pemangku kepentingan di antaranya dari Polda Papua dengan judul Pesta Rakyat Polri sebagai mitra masyarakat

"Kami juga lakukan lomba lari karung untuk kaum ibu, lomba panjat pinang untuk kategori anak-anak dan dewasa," katanya.

Menurut dia, perayaan HUT ke-71 Kemerdekaan RI harus diisi dengan kegiatan positif seperti lomba sehingga kemerdekaan menjadi bermakna bagi warga

"Kemerdekaan harus diisi dengan kegiatan, agar generasi muda tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat dan merusak," ujarnya.

Lebih lanjut Cornelis sampaikan bahwa Papua adalah bagian dari NKRI, sehingga sudah sepantasnya berbagai lomba untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan digelar, dengan harapan masyarakat terutama anak-anak sejak usia dini sudah digaungkan bahwa tiap 17 Agustus, Indonesia memperingati sebagai hari Kemerdekaan.

"HUT harus dimeriahkan bukan melakukan aksi yang beseberangan dan tidak bermanfaat seperti demo. Jadi saya harap kegiatan seperti ini tahun depan lebih meriah lagi," katanya.

"Nah, malam ini kami gelar acara makan bersama masyarakat sekaligus membagikan hadiah lomba yang tadi siang digelar," tambahnya.(*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024