Jayapura (Antara Papua) - Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Nugini mulai menjajaki kerja sama bilateral di bidang ekonomi.

Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya bersama dengan Gubernur National Capital District (NCD) Port Moresby, Papua Nugini, Hon Powes Parkop sepakat untuk membahas hal ini lebih jauh lagi.

"Dalam pertemuan ini, pembahasannya kami mau akses ekonomi dibuka, di mana kebijakan ini sesuai arahan Presiden Jokowi yang memerintahkan pemerintah daerah membuka akses dari Papua kemudian dioper ke PNG," katanya.

Menurut Lukas, sehingga bila sudah terbuka, manfaat yang bisa didapat dari PNG bisa datang ambil barang di Papua dan begitu sebaliknya.

"Selain kerja sama di bidang ekonomi, Pemprov Papua berkeinginan untuk melakukan pertukaran di bidang sosial dan budaya," ujarnya.

Dia mengharapkan masyarakat Provinsi Papua bisa berkunjung ke PNG dan juga sebaliknya.

"Kami tidak ingin hanya bicara politik, tetapi lebih kepada kemajuan pembangunan di kedua wilayah," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap pertemuan ini tidak berhenti begitu saja, tetapi terus ditindaklanjuti dengan kegiatan serupa, membahas tentang kerja sama di bidang ekonomi dan sosial budaya. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024