Jayapura (Antara Papua) - DPC PKS Kabupaten Lanny Jaya telah memutuskan untuk merekomendasikan calon bupati petahana Befa Jigibalom untuk kembali diusung dalam pilkada serentak 2017.

"Kami sebagai partai pengusung melihat figur bupati ini sudah sukses sesuai visi dan misinya karena semua sudah dilaksanakan sehingga PKS tetap mengusung Befa Jigibalom sebagai calon bupati," kata Ketua DPC PKS Lanny Jaya Terius Jigibalom di Jayapura, Senin.

Ia menjelaskan, di Kabupaten Lanny Jaya PKS memperoleh lima kursi dan menjadi pemenang di Lanny Jaya. Dan sesuai ketentuan, jumlah kursi yang dimiliki membuat partai tersebut dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati sendiri tanpa berkoalisi.

Melihat kinerja Befa Jigibalom yang dianggap sukses melakukan pembangunan selama lima tahun kepemimpinannya, maka PKS pun kembali mengajukan nama yang sama pada Pilkada 2017.

"Pada Pemilukada lalu PKS mengusung kandidat yang sementara jadi bupati, dan dalam kepemimpinannya ada banyak hal yang dilakukan oleh mereka," ujarnya.

"Di antaranya, dari yang dulunya 10 distrik sekarang menjadi 39 distrik, 142 kampung menjadi 365 kampung, lalu pembangunan juga tidak hanya di ibu kota saja, tapi di tiap distrik jalannya sudah masuk. Di setiap desa rata-sata sudah memiliki TK/Paud, SD, sehingga pendidikannya jalan," sambung Terius.

Ia pun mengaku bila rekomendasi yang telah dikeluarkan pihaknya telah diajukan ke pengurus PKS tingkat provinsi dan pusat.

"Ini kami sampaikan ke DPP dan DPW sehingga dalam waktu tidak lama lagi sudah akan ada rekomendasi calon bupati," katanya.

Terius pun menyebut bahwa untuk calon wakil bupati, pihaknya mempercayakan Befa Jigibalom untuk memilih calon wakilnya sendiri.

"Untuk Calon Wakil Bupati, yang kami usung ada empat nama, di mana dua orang adalah kader PKS, yaitu Etin Kogoya dan Jemius Kogoya. Dan yang memilih adalah bupati sendiri, kami dari partai memberikan hak penuh kepada calon bupati yang kami usung," ujarnya. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024