Jayapura (Antara Papua) - Gubernur Papua Lukas Enembe membantu dengan sejumlah uang kepada beberapa warga Kampung Mamit, Kabupaten Tolikara, yang beranak banyak atau lebih dari 10 orang.

"Di Mamit, Distrik Kembu, warga masyarakat melahirkan secara normal, tetapi bisa memiliki anak hingga 12-20 orang. Ini luar biasa sehingga saya memberikan bantuan serta motivasi," katanya di Jayapura, Senin.

Lukas meminta warga tidak hanya melahirkan anak, tetapi juga menjaga, merawat, dan jangan keterlaluan dalam memarahi anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Bantuan tersebut, diharapkan dimanfaatkan dengan baik oleh penerima untuk membiayai dan merawat anak-anak," ujarnya.

Dia menuturkan terdapat empat warga Mamit yang mendapat bantuan uang berkisar Rp10-30 juta, di antaranya Penira Kogoya yang memiliki 12 orang anak, Elis Enembe memiliki 12 anak.

"Selain itu, Sefanus Karoba 12 anak dan Pilaus Kogoya memiliki 20 orang anak yang terdiri dari isteri pertama 15 orang anak, serta isteri kedua sebanyak lima orang anak," katanya.

Dia menambahkan dengan sejumlah uang yang diberikan dapat digunakan untuk memberikan gizi sebagaimana mestinya dan menjaga kesehatan anak-anak.

"Ingat, jangan hanya bisa melahirkan anak saja, tetapi harus bisa merawat dan memelihara hingga anak-anak itu tumbuh besar," ujarnya lagi. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024