Jayapura (Antara Papua) - Bintara pembina desa (Babinsa) Koramil 1705-04/Napan Sertu Sandi Hadi Prayitno mendampingi warga panen raya padi milik Saul Aso di Kampung Manunggal Jaya, Distrik, Mikimi, Kabupaten Nabire, Papua.

"Kegiatan pendampingan panen padi ini merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab sebagai Babinsa di wilayah binaan masing-masing guna membantu masyarakat mewujudkan program pemerintah agar wilayah Papua menjadi swasembada pangan nasional," kata Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolenel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Selasa.

Panen raya pada yang dilaksanakan pada Senin (29/8) itu dengan didampingi para Babinsa, kata Teguh, diharapkan keberadaan mereka dapat memberikan kontribusi tersendiri dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk di bidang pertanian.

"Sertu Sandi menyampaikan kepada para petani agar tetap semangat dalam bekerja meskipun masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi diantaranya sebagian lahan yang bisa ditanami masih berupa rawa sehingga tidak bisa memanen menggunakan mesin," katanya.

Sertu Sandi, kata Teguh, juga menyampaikan siap berkoordinasi dengan instansi teknis terkait jika para petani menemukan kendala sehingga bisa dipecahkan persoalannya.

"Para petani merasa sangat bersyukur dengan dibuatnya lahan persawahan diwilayahnya serta adanya dukungan Alsintan, dukungan bibit unggul serta pupuk dari Dinas Pertanian setempat sehingga sekarang mereka lebih bersemangat dalam bercocok tanam dan bisa melaksanakan panen padi lebih cepat dengan hasil yang semakin meningkat," kata Teguh.

Secara terpisah, Saul Aso mengaku belum menemui kendala yang berarti selama musim tanam hingga panen, apalagi didukung dengan curah hujan yang cukup dan perawatan yang baik.

"Hasil panen kali ini sangat memuaskan bahkan bisa dibilang dua kali lipat dari panen sebelumnya," kata pemilik lahan Saul Asso. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024