Jayapura (Antara Papua) - John Mansai, anggota kelompok Tentara Pembebasan Nasional (TPN) Organisasi Papua Merdeka (OPM) dari wilayah Wadapi Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, memilih kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

John Mansai diantar oleh saudaranya Beni Waunsai menghadap Komandan Kodim (Dandim) 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo di Markas Kodim Yawa, pada Selasa (6/9).

Turut mendampingi John Mansai, Babinsa Koramil 1709-02/Yaptim Serma Frits Raunsai, Babinkamtibmas Bripka Max Wamea, dan Pendeta Martinus Manitori.
 
Saat bertemu Dandim Yawa, John Mansai mengatakan, selama ini ia memperhatikan setiap kegiatan yang dilaksanakan Kodim 1709/Yawa maupun para Babinsa yang turun langsung ke lapangan membantu mengatasi kesulitan masyarakat.

Berbagai kegiatan serta pendekatan kemasyarakatan yang diprogramkan komando atas yang dilaksanakan oleh Kodim 1709/Yawa sebagai pelaksana komando kewilayahan, dinilai John memberikan hasil yang positif di mata masyarakat.

Bahkan, mendatangkan simpati dari anggota kelompok TPN/OPM yang selama ini berseberangan pemikiran dan pandangan dengan NKRI.

John mengaku sempat ragu untuk kembali ke pangkuan NKRI seperti saudara-saudaranya yang lain.

Namun keraguannya sirna setelah menjalin komunikasi dengan Frits Raunsai dan Max Waema yang selalu memberikan wawasan kepadanya, akhirnya dia membulatkan tekad dengan ikhlas untuk kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Sementara Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Sat Hari Wibowo mengapresiasi keputusan John Mansai yang memilih kembali ke NKRI serta ingin memiliki kehidupan yang normal seperti saudara-saudaranya yang lain.

"Apa yang menjadi aspirasi John Mansai akan kami perhatikan, untuk itu, mari kita bersama-sama bergandengan tangan, kita satukan tekad membangun tanah Papua yang kita cintai ini, agar anak cucu serta generasi penerus kita dapat menjadi generasi yang membanggakan bagi Papua," ujar Dandim dalam rilis yang diterima Antara di Jayapura, Rabu (7/9).

Di hadapan Kasdim 1709/Yawa, Mayor Inf Yulius Menri Sarungallo, Pasi Inteldim 1709/Yawa Lettu Inf Budi Hermanto serta Kepala Distrik Teluk Ampimoi, Yoppi Manobi, Dandim 1709/Yawa menyerahkan Al-Kitab kepada John Mansai, Beni Mansai, Kepala Distrik Teluk Ampimoi, dan Pendeta Martinus Manitori sebagai sarana untuk meningkatkan peribadatan kepada Tuhan YME dan juga agar dalam kehidupan barunya di masyarakat senantiasa menjadi berkat dan rahmat bagi sesama. (*)


Pewarta : Pewarta: Anwar Maga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024