Jayapura (Antara Papua) - Yulce Enembe istri Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga Ketua Tim Penggerak PKK setempat akan menerima penghargaan nasional selaku Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) 2016 dari Ibu Negara Republik Indonesia Iriana Joko Widodo.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Papua Israil Ilolu, di Jayapura, Senin, mengatakan penganugerahan penghargaan ini akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah pada Kamis (29/9).

"Kami sudah menerima konfirmasi dari pusat mengenai penghargaan Bunda PAUD 2016 yang akan diterima oleh Ny Yulce Enembe tersebut," katanya.

Israil menjelaskan nantinya istri Gubernur Papua ini akan menjadi salah satu Bunda PAUD terbaik di Indonesia atas kerja kerasnya membangun pendidikan bagi anak-anak di usia dini.

Sebelumnya, Yulce Enembe dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Papua pada 10 Februari 2015 oleh Direktur PAUD Nasional Indonesia Hermann Syamsuddin.

Setelah dilantik, berbagai gebrakan dilakukan oleh Yulce Enembe, di antaranya memrakarsai diberlakukannya penerapan bahasa ibu pada kurikulum sekolah dasar di wilayah pegunungan dan pesisir Bumi Cenderawasih.

Yulce percaya penerapan bahasa ibu sangat positif untuk perkembangan anak, karena tak semua anak bisa berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

"Bahasa daerah atau bahasa ibu ini, kami yakin akan sangat tepat, khususnya anak usia dini, pasalnya, anak-anak ini akan lebih mengerti dan cepat menyesuaikan bahkan tak jarang anak akan cepat berbahasa Indonesia," kata Yulce. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024