Mappi (Antara Papua) - Prajurit TNI dari Koramil 1707-14/Senggo membersihkan kompleks pasar tradisional Senggo, Distrik Citak Mitak, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, pada Jumat (21/10).

Danramil 1707-14/Senggo Kapten Arm Budi Saputra bersama seluruh anggota Koramil 1707-14/Senggo dan masyarakat Distrik Citak Mitak bahu-membahu melaksanakan bhakti sosial tersebut.

"Kegiatan pembersihan pasar tradisional ini sebagai langkah dan upaya Koramil 1707-14/Senggo terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang akan berdampak baik bagi kesehatan serta kenyamanan dalam beraktifitas bagi masyarakat," kata Kapten Budi.

Disamping itu, kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama, oleh karena itu dengan kesadaran perorangan secara bersama-sama menciptakan lingkungan yang bersih, rapih, sehat dan indah di pandang mata.

Dengan demikian, pasar tradisional itu tidak kumuh, karena di tempat itulah tempat aktifitas transaksi jual beli beragam kebutuhan pokok seperti sayur-sayuran.

Kapten Budi juga menyampaikan bahwa kebersihan lingkungan harus tetap terjaga.

"Kita adalah satuan teretorial yang harus bekerja nyata yang mana hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat yaitu suasana bersih, rapih, indah dan tertib," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Danramil 1707-14/Senggo bersama Babinsa jajarannya mengajak sekaligus memberikan contoh kepada masyarakat tentang arti dan pentingnya kebersihan lingkungan yaitu melakukan pembersihan sampah yang ada di sekitar pasar trdisional terutama di saluran air seperti got/kali.

Selain bertujuan bakti sosial, kegiatan menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan itu juga sebagai wujud kepedulian Koramil 1707-14/Senggo terhadap lingkungan, mengingat kondisi pasar tradisional Senggo yang saat ini sangat memprihatinkan.

"Hal ini dapat dilihat dari segi tempatnya yang sangat terbatas sehingga bayak masyarakat yang berjualan di pinggir jalan dan Kegiatan ini disambut baik dan mendapat antusias oleh masyarakat di sekitar pasar tradisional," ujarnya. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024