Kaimana (Antara Papua) - Prajurit TNI dari Kodim 1713/Kaimana membantu kelompok Tani Maju Makmur dalam kegiatan panen jagung dan kedelai di Kampung Coa, Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat, pada Jumat (4/11).

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1713/Kaimana Mayor Inf Saheri juga hadir dalam momentum panen hasil pertanian itu, mewakili Dandim 1713/Kaimana.

Hadir pula Nursyani dari Dinas Pertanian dan Pertenakan Kabupaten Kaimana, Danramil 1713-01/Kaimana Kapten Inf Hardiman, Kepala Bidang Tanaman Pangan Obaja Womsiwor, Pasiter Kodim 1713/Kaimana Kapten Inf M. Zakaria, Ketua PPL Kabupaten Kaimana Aries R serta 15 Orang anggota Kodim 1713/Kaimana.

Kasdim 1713/Kaimana mengatakan bahwa hasil panen itu merupakan jerih payah para petani yang dengan sabar merawat dan memelihara, mulai dari masa tanam sampai waktu panen tiba.

"Semoga semua ini menjadi awal yang bagus sebagai langkah dalam menyukseskan program pemerintah yaitu swasembada pangan, sehingga kita tidak ada ketergantungan dari luar daerah, terutama dalam memenuhi kebutuhan jagung dan kedelai yang menjadi bahan pokok pembuatan tempe dan tahu," ujarnya.

Namun, Kasdim mengingatkan para petani agar tidak cepat merasa berpuas diri dengan hasil panen yang diperoleh, agar dapat semakin terpacu untuk meningkatkan hasil produksinya.

Sementara itu, Nursyani dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kaimana menyampaikan bahwa jagung dan kedelai yang dipanen itu ditanam beberapa bulan yang lalu.

Proses penanamannya pun dilaksanakan secara bergotong royong dan bekerja sama dengan semua pihak termasuk dari TNI khususnya Kodim 1713/Kaimana dan pihak terkait lainnya.

"Dengan adanya kegiatan panen ini diharapkan bisa memacu para petani lebih giat lagi di dalam berkarya, terutama bercocok tanam dengan menyesuaikan varitas yang cocok dengan alam yang ada di Kabupaten Kaimana ini," ujar Nursyani. (*/adv)

Pewarta : Pewarta: Staf Pendam XVII/Cenderawasih
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024