Timika (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua melalui Dinas Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Mimika meluncurkan kamus Bahasa Amungme dan Kamoro yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.

Asisten II Setkab Mimika Marthen Paiding di Timika, Rabu mengatakan peluncuran kamus bahasa Amungme dan Kamoro merupakan pencapaian yang luar biasa dan sangat bermanfaat bagi generasi Mimika.

"Mari kita serukan `akuare ndaata` (Kamoro: mari belajar bahasa). Kamus ini sangat bermanfaat bagi penerus kita untuk mempelajari bahasa sebagai budaya leluhur kita," katanya.

Marthen mengatakan dengan diterbitkanya kamus Bahasa Amunge dan Bahasa Kamoro tentu memperkaya khasanah bahasa daerah dan sekaligus menunjukan negara Indonesia memiliki keberagaman budaya dan bangsa.

Ia mengharapkan agar kamus tersebut dapat menjadi bahan pelajaran bagi para pendidik, orang tua dan siapa saja untuk lebih memahami dan mendalami bahasa Kamoro dan Amungme.

"Diharapkan bagi siapa saja akan lebih memahami bahasa Amungme dan Kamoro dengan membaca kamus ini," katanya.

Kamus yang diluncurkan tersebut masing-masing terdiri dari 1.300 kata untuk bahasa Kamoro dan 1.000 kata untuk bahasa Amungme dan dilengkapi dengan contoh pemakaian kata dalam kalimat serta terjemahannya dalam bahasa Indonesia.

Rencanaya kamus ini akan dicetak masing-masing sebanyak 5.000 buah yang nantinya disebarluaskan di sekolah-sekolah dan setiap SKPD yang ada di lingkungan Kabupaten Mimika. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024