Jayapura (Antara papua) - Komando Rayon Militer (Koramil) 1701-01/Sentani bersama masyarakat menggelar karya bhakti perbaikan jalan yang merupakan akses utama Kampung Yokiwa, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kepala Perangan Kodam (Kapendam) Kolonel Inf Teguh PR di Kota Jayapura, Papua, Kamis mengatakan perbaikan jalan dengan cara menimbun beberapa titik jalan itu di lakukan sejak Rabu (7/12), dengan melibatkan 40 masyarakat Kampung Yokiwa.

"Kegiatan ini dilaksanakan mengingat kondisi jalan di Kampung Yokiwa dirasakan sudah tidak efektif lagi bagi warga untuk melakukan rutinitas sehari-hari dikarenakan kondisi jalan yang sudah berlobang dan tergenang air saat turun hujan," katanya.

Menurut dia, yang memprakarsai untuk perbaikan jalan Kampung Yokiwa adalah Sertu Werdo Pawonggo Babinsa kampung setempat.

Namun, sebelum dikerjakan dimusyawarahkan dulu secara mufakat dengan segenap tokoh agama, tokoh masyarakat dan adat di kampung Yokiwa.

"Para tokoh di Kampung Yokiwa serta perwakilan masyarakat juga dilibatkan ketika membahas perbaikan jalan tersebut dan akhirnya disepakati bersama," katanya.

Berdasarkan musyawarah, kata dia, disepakati perbaikan jalan tersebut dengan mengginakan dana kas kampung untuk membeli material yang digunakan.

"Disamping itu ada beberapa warga yang secara sukarela menyumbangkan sejumlah material guna mendukung perbaikan akses jalan kampung mereka," kata Teguh.

Secara terpisah, Sertu Werdo Pawonggo mengatakan lewat karya bhakti perbaikan jalan Kampung Yokiwa, masyarakat diajak untuk bergotong royong dan menumbuhkan rasa kebersamaan bagaimana menyelesaikan persoalan kampung.

"Lebih dari sekedar perbaikan infrastruktur kampung, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kebersamaan, kesadaran, maupun meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat guna membangkitkan sistem kegotong royongan yang sudah menjadi budaya bangsa kita," katanya.

"Serta sebagai momentum yang baik guna meningkatkan hubungan yang melekat antara TNI dengan rakyat, sehingga slogan Kemanunggalan TNI-Rakyat, benar-benar dapat dirasakan ditengah-tengah masyarakat, termasuk untuk menyambut perayaan Natal tahun ini," katanya lagi. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024