Merauke (Antara Papua) - Sebanyak tiga kapolres di wilayah selatan Provinsi Papua segera memobilisasi masing-masing 30-35 orang personelnya ke Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, saat pemungutan suara pilkada serentak 15 Februari 2017.

"Ada permintaan 35 personel dari Polres Merauke, 30 dari Polres Boven Digoel dan 30 dari Polres Asmat. Mereka akan ke Polres Mappi," kata Kapolres Merauke AKBP.Taufik Irpan Awalluddin, di Merauke, Selasa.

Puluhan personel yang nantinya ikut mengamankan pesta Pilkada Mappi itu, kata AKBP Taufik Irpan Awalluddin, diperkirakan berangkat ke Mappi Tanggal 5 Februari.

"Diharapkan tanggal 10 Februari mereka sudah ada Mappi karena pemilihan tanggal 15 Februari. Jadi 10 hari sebelum pelaksanaan pemilukada mereka sudah ada di sana," katanya.

Ia menambahkan, selama 20 hari personil itu akan membantu kepolisian setempat dan Pemerintah Kabupaten Mappi untuk menjaga serta menciptakan pemilihan yang berjalan aman hingga selesai.

"Semuanya diatur oleh Kapolres Mappi, baik transportasi, akomodasi. Mereka berada di Mappi untuk membantu atau menambah kekuatan di tempat pemungutan suara (TPS) yang ada," katanya

Mappi merupakan satu dari 10 kabupaten dan satu kota di Provinsi Papua yang dijadwalkan melaksanakan Pilkada serentak 2017 bulan Februari mendatang.

Daerah yang nantinya melaksanakan Pilkada tersebut adalah Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, Kepulauan Yapen, Tolikara, Dogiyai, Nduga, Lanny Jaya, Mappi, Intan Jaya dan Puncak Jaya. (*)

Pewarta : Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024