Jayapura (Antara Papua) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dogiyai menyatakan, 122.128 orang tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkada serentak 2017/

Ketua KPU Kabupaten Dogiyai Matias Butu, di Jayapura, Selasa, mengatakan jumlah penduduk di wilayahnya 133 ribu orang tersebar di dengan 79 kampung.

"Sebanyak 39 kampung di antaranya harus ditempuh dengan menggunakan heli sehingga KPU terus berupaya mencairkan anggaran pilkada tahap kedua," katanya.

Menurut Matias, pilkada serentak di Kabupaten Dogiyai membutuhkan anggaran sebesar Rp56,8 miliar. Sementara ini sudah dicairkan tahap pertama sebesar Rp28 miliar dan sedang menunggu pencairan tahap kedua.

"Belum cairnya anggaran pilkada tahap kedua ini menyebabkan KPU menunda perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan debat kandidat," ujarnya.

Dia menuturkan di wilayahnya juga tercatat 292 tempat pemungutan suara (TPS) di 10 distrik/kecamatan

"Pada satu atau dua hari ke depan, kami melanjutkan tahapan pilkada yang tertunda seperti debat kandidat sehingga tahapan lainnya juga berlanjut," katanya lagi.

Dia menambahkan pilkada serentak di Kabupaten Dogiyai akan diikuti oleh empat pasangan calon yaitu Yacobus Dumapa-Oskar Makai, Anthon Iyowau-Januaris Tigi, Fransisko Tebai-Benediktus Totoki dan Markus Waine-Angkian Goo. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024