Jayapura (Antara Papua) - Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG dari Yonif 122/TS menggelar program kelas lapangan berupa perpustakaan keliling di tapal batas guna mendorong minat membaca warga masyarakat.

"Ini sebuah kegiatan positif dan inspiratif dalam rangka memacu, melatih dan meningkatkan budaya gemar membaca oleh anggota Satgas Pamtas diperbatasan RI-PNG," kata Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 122/TS Letkol Inf Sigit Sugiharto di Kota Jayapura, Rabu.

Ia mengatakan, perpustakaan keliling tersebut dioperasikan oleh para Anggota Satgas Pamtas dengan menggunakan mobil bak terbuka yang telah dialihfungsikan.

Sejumlah sekolah didatangi, salah satunya SDN Inpres di Skow Sae, Distrik Muaratami, katanya.

Ia mengatakan, program tersebut dilaksanakan guna menunjang program belajar mengajar dan meningkatkan budaya gemar membaca pada anak-anak sekolah di perbatasan.

"Budaya gemar membaca pada usia dini harus terus dilakukan dan ini memang sudah menjadi salah satu prioritas utama kami disamping tugas pokok kami menjaga dan mengamankan perbatasan," tambah Mayor Sigit.

Secara terpisah, Kepala Sekolah SDN Inpres Skouw Sae Bapak Kodim, S.Pd mengatakan bahwa program serupa sebenarnya telah dijadwalkan oleh Pemkot Jayapura dan pernah dilakukan pada 2015 lalu, namun pada satu tahun terakhir hingga kini belum dilaksanakan kembali disekolahnya.

"Saya sangat berterimakasih sekali atas kunjungannya untuk memberikan kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi anak-anak diperbatasan," kata Kodim.

Sementara, Lettu Inf Joni Winarno dan Sertu Roby Napitupulu yang ikut dalam kegiatan ini menjelaskan kepada bahwa kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan hingga menjelang akhir penugasan.

"Mayor Inf Sigit Sugiharto selaku Dansatgas Pamtas Yonif 122/TS telah menegaskan kepada kami agar selalu berbuat yang terbaik, tulus dan iklas dalam menjalankan setiap tugas diperbatasan," kata Joni Winarno. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor :
Copyright © ANTARA 2024