Merauke (Antara Papua) - Kepala Kantor Inspektorat Kabupaten Merauke Irianto Sabar Gattang mengatakan pihaknya terus melakukan audit penggunaan dana desa yang diturunkan ke masyarakat di wilayah itu.

"Setiap kami turun di distrik semua dana yang ada di distrik sampai di kampung-kampung itu diaudit, termasuk di dalamnya dana desa tersebut," kata Irianto di Merauke, Kamis.

Ia menyebut jumlah kampung/desa di Merauke mencapai 160-an dan tersebar di 20 distrik, namun yang menjadi sasaran audit di desa/kampung terdekat.

"Tidak semua desa kita datangi karena keterbatasan dana dan keterbatasan personil," ujarnya.

Ia menambahkan penggelolaan dana desa di Merauke sudah cukup baik sebab aparat desa telah mendapat pembinaan dan pelatihan tentang pengelolaan dana itu.

"Syukur karena aparat desa di Merauke sudah punya pengalaman tentang pengelolaan dana desa sehingga sudah mulai membaik. Memang di sana sini masih punya kekurangan tetapi selama ini baik," katanya.

Penggunaan dana desa di Merauke, kata dia, dipantau oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Papua.

"Biasanya dimonitoring juga dari sana karena ini program pusat dan kami biasa lakukan sinergitas dengan mereka. Ada laporan triwulan tentang dana ini kepada kantor sekretariat presiden melalui BPKP," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Marius Frisson Yewun
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024