Jayapura (Antara Papua) - Pengelola Bandara Klas I Khusus di Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, menyatakan kini landasan di bandara tersebut sudah siap didarati pesawat berbadan lebar jenis Airbus 330.

"Bandara Sentani sudah siap menampung pesawat Airbus 330, hanya menunggu Garuda mau masuk kapan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Darurat Bandara Sentani Jayapura Budhi Kurniawan Kresna, di Jayapura, Senin.

Ia menyebut seluruh persiapan menyambut pesawat tersebut sudah rampung, namun pihaknya masih menunggu dari pihak maskapai Garuda Indonesia terkait realisasinya.

Menurut Budhi, sejauh ini baru maskapai Garuda Indonesia yang memiliki rencana untuk menggunakan pesawat Airbus 330 untuk rute ke Bandara Sentani.

Marketing Manager Garuda Cabang Jayapura Octavianus JH. Tampi sempat mengungkapkan Garuda Indonesia segera menggunakan pesawat Airbus untuk melayani penerbangan rute Jakarta-Jayapura karena faktor kapasitasnya lebih besar dibanding Boeing yang selama ini digunakan.

"Kita dalam waktu dekat akan ganti tipe pesawat Boeing dengan Airbus untuk penerbangan yang dari Jakarta ke Jayapura. Kita coba ganti karena kargo dari Jakarta banyak sekali, dan ini bisa menampung semua," katanya.

Ia menambahkan pihaknya juga mempertimbangkan faktor tingginya frekuensi penumpang yang menggunakan rute tersebut.

Octavianus mengklaim jajaran direksi Garuda memandang prospek pasar di Jayapura sudah tidak bisa lagi diatasi oleh pesawat Boeing 737-800.

"Kalau Garuda sudah siap sejak oktober 2016, direksi kita minta supaya Garuda terbang pakai airbus, hanya kita sampaikan kondisinya belum memungkinkan di Jayapura," kata dia. (*)

Pewarta : Pewarta: Dhias Suwandi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024