Timika (Antara Papua) - Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika kembali melayani para pasien yang rutin melakukan cuci darah, setelah sebelumnya tidak melayani pasien cuci darah selama kurang lebih dua minggu.

Direktur RSUD Mimika dr Evelyn S MM Kes, di Timika, Senin, mengakui kini pelayanan cuci darah sudah kembali berjalan normal.

Ia juga membenarkan jika selama beberapa waktu lalu pelayanan cuci darah sementara ditutup lantaran kehabisan cairan yang digunakan untuk cuci darah.

"Saat ini untuk pelayanan cuci darah sudah normal kembali. Kemarin itu ada sedikit terlambat untuk mendatangkan cairan tersebut padahal kita sudah pesan jauh-jauh hari sebelumnya," katanya.

Ia juga mengatakan keterlambatan untuk mendatangkan cairan tersebut karena diangkut melalui laut menggunakan kapal dan tidak bisa menggunakan pesawat.

Sedangkan tenaga dan mesin yang tersedia sudah mumpuni.

Sementara itu pasien yang sudah waktunya melakukan cuci darah telah dirujuk oleh pihak RSUD Mimika untuk melakukan cuci darah di Jayapura.

Evelyn juga mengatakan selama ini pihaknya tidak hanya melayani pasien yang berasal dari Mimika saja melainkan juga melayani pasien-pasien cuci darah lain yang berasal dari kabupaten tetangga seperti kabupaten Asmat dan kabupate Puncak Jaya.

Selain itu, pihaknya juga tidak menghadapi kendala berarti dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat pasalnya tenaga kesehatan di RSUD Mimika saat ini sudah tercukupi mulai dari dokter spesialis, dokter umum dan paramediknya. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024