Jayapura (Antara Papua) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperdindakop dan UKM) Kota Jayapura, Provinsi Papua menyiapkan tempat pemasaran noken bagi perajin noken di kota itu.

"Pengharajin noken di Kota Jayapura tidak usah kawatir, karena Disperindakop dan UKM Kota Jayapura sudah menyediakan akan menyiapkan tempat pasaran untuk mereka," kata Kadisperindakop dan UKUM Kota Jayapura Robert Awi di Jayapura, Rabu.

Menurut dia, pihaknya akan terus berupaya membantu menyiapkan tempat pemasaran untuk pengrajin noken di Kota Jayapura.

Tempat pemasaran yang akan disediakan di antaranya di autlet penjualan milik Disperindakop dan UKM Kota Jayapura di Bandar Udara Sentani, Kabupaten maupun di tempat penjualannya lainnya yang tersebar diseluruh Kota Jayapura.

Selain di Kota Jayapura, kata dia, pihaknya juga akan berupaya untuk menyediakan tempat pemasaran hasil buah tangan perajin noken asal Kota Jayapura diluar kota itu.

"Kami akan upayakan penyediaan tempat pemasaran lainnya di luar Kota Jayapura untuk menjual noken yang dirajut oleh mama-mama," ujarnya.

Sebelumnya, Robert mengatakan sebanyak 20 orang mama-mama yang berdomisili di Distrik Heram, Abepura, Kota Jayapura mengikuti pelatihan pembuatan noken.

Dalam pelatihan itu, katanya, mama-mama diajarkan untuk merajut beragam jenis noken berbahan benang dengan beragam jenis dan ukuran, mulai dari ukurang kecil, sedang, hingga ukuran besar.(*)

Pewarta : Pewarta: Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024