Timika (Antara Papua) - PT PLN (Persero) Area Timika, Papua menargetkan sejumlah ibu kota distrik (kecamatan) terlayani penerangan listrik hingga 2019.

Manajer PLN Area Timika Salmon Karet di Timika, Jumat, mengatakan beberapa distrik yang menjadi target untuk segera dipasang Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yaitu Agimuga, Atuka (Distrik Mimika Tengah), Kokonao (Distrik Mimika Barat) dan Amar.

PLN Wilayah Papua dan Papua Barat memiliki program `Papua Terang` yaitu sampai 2019 hampir semua ibukota distrik dan kampung-kampung sudah terlayani perangan listrik. Dalam rangka itulah, mulai tahun ini kami akan membangun PLTD di beberapa ibu kota distrik, jelas Salmon.

Menindaklanjuti program tersebut, sejak beberapa waktu lalu, PLN Timika mulai membangun jaringan instalasi listrik di Distrik Agimuga.

PLN akan menempatkan sebuah pembangkit diesel di Agimuga berkapasitas 100 kilowatt.

"Kami sudah hitung kebutuhan listrik di Agimuga untuk tiga kampung yaitu Aramsolki, Amungun dan Kiliarma. Kami akan pasang PLTD di sana dengan kapasitas 100 kw. Itu sudah cukup untuk melayani seluruh Agimuga," jelas Salmon.

Ia berharap pengoperasian PLTD Agimuga hingga penyambungan jaringan listrik ke rumah-rumah masyarakat setempat bisa dituntaskan pada Agustus atau paling lambat Oktober 2017.

Selain di Agimuga, PLN Timika juga tengah membangun jaringan istalasi listrik menuju Kampung Myoko, Distrik Iwaka.

Jaringan listrik ke Kampung Myoko diambil dari gardu induk di persimpangan Pelra Waikiki-Pelabuhan Paumako menuju Kampung Logpon-Pigapu.

Pihak PLN Timika juga sudah mendroping tiang-tiang listrik ke Distrik Amar di wilayah Mimika Barat.

"Untuk distrik-distrik lain seperti Kokonao dan Atuka sudah masuk dalam perencanaan kami. Kalau tidak bisa dibangun pada akhir tahun ini, berarti akan dilakukan tahun 2018," jelas Salmon.

Saat meresmikan PLTMG Jayapura berkapasitas 50 megawatt, Selasa 9 Mei 2017 lalu, Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah akan menambah kapasitas listrik di Papua dan Papua Barat hingga mencapai 730 MW pada 2019.

Dengan tersedianya kapasitas daya listrik yang memadai, maka masyarakat Papua yang bermukim di desa-desa akan menikmati penerangan listrik.

Program itu sekaligus dalam rangka menyongsong penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ke 20 tahun 2020 di Provinsi Papua.

Salah satu kota penyelenggara perhelatan PON 2020 di Papua yaitu Timika. (*)

Pewarta : Pewarta: Evarianus Supar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024