Timika (Antara Papua) - Ratusan karyawan yang tergabung dalam PUK SPKEP-SPSI PT Freeport Indonesia (PTFI) yang masih melakukan aksi mogok kerja, menyempatkan diri menggelar aksi sosial donor darah di Timika, Sabtu.

Aksi sosial karyawan di lingkungan Freeport yang bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Mimika tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 120 kantong darah.

Kantong darah yang terkumpul tersebut disumbangkan kepada UTD RSUD untuk digunakan oleh masyarakat Mimika yang membutuhkan.

"Sebenarnya bisa lebih banyak, tapi pihak UTD memastikan bahwa kantong darah mereka terbatas, maksimal UTD bisa memberi 120 kantong," kata Ketua Panitia Mogok Kerja PUK SPKEP SPSI PTFI, Agustinus Ponco kepada wartawan.

Proses administrasi dan test kesehatan layak donor dilakukan di halaman sekretatiat PUK SPKEP-SPSI.

Sedangkan pengambilan darah dilaksanakan di bilik-bilik di dalam sekretariat oleh pegawai UTD RSUD Mimika.

"Tagline dalam aksi donor darah ini, `Darahku Bukti Cintaku Pada Sesama`. Donor darah ini sebagai bukti kepedulian kami terhadap masyarakat Mimika," kata Kabid Organisasi PUK SPKEP SPSI PTFI, Yapet Panggala.

Ribuan peserta mogok kerja di lingkungan PTFI terus membuktikan diri, aksi mereka berlangsung damai dan tak merugikan pihak lain. Sebelum aksi donor darah, PC SPKEP SPSI Mimika sempat menggalang aksi pembersihan di seputaran Kota Timika. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024