Biak (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua mengoperasikan dua gedung baru Puskesmas Sumberker Distrik Samofa dan Puskesmas Distrik Andey dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan pasien rawat jalan, Jumat.

Peresmian dua gedung Puskesmas baru bersamaan juga pengoperasan fasilitas gudang farmasi Dinas Kesehatan dilakukan Bupati Thomas Ondy.

Bupati Thomas Ondy mengakui, kehadiran fasilitas gedung Puskesmas bertujuan melayani masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Ia berharap petugas medis ditugaskan di Puskesmas Andey dan Puskesmas untuk senantiasa memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di daerah terpencil.

Thomas Ondy pun mengingatkan bahwa fasilitas gedung baru Puskesmas yang dibangun pemkab Biak Numfor bersumber dari anggaran pemerintah sehingga setelah difungsikan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi warga setempat.

"Pemkab Biak Numfor setiap tahun anggaran telah memprogramkan membangun fasilitas gedung Puskesmas untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang cepat, murah dan berkualitas," ungkap Bupati Thomas Ondy.

Bidang program kesehatan, menurut Bupati Thomas Ondy, merupakan kebutuhan nyata diperuntukan untuk semua elemen masyarakat yang bermukim di berbagai kampung terpencil, tertinggal dan terisolir.

Melalui peningkatan fasilitas gedung Puskesmas, lanjut Bupati Thomas, diimbagi juga dengan perbaikan kualitas layanan yang cepat dan murah.

"Saya harapkan gedung baru Puskesmas Sumberker dan Puskesmas Andey dapat menjadi tempat perawatan pertama warga dalam mendapatkan layanan kesehatan dasar," ungkap Bupati Biak Thomas Ondy.

Gedung Puskesmas Sumberker distrik Samofa berlantai dua menghabiskan biaya pembangunan sekitar Rp4 miliar melalui APBD tahun 2016. (*)

Pewarta : Pewarta: Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024