Jayapura (Antara Papua) - Satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif 410/Alugoro membagi zakat fitrah kepada masyarakat di PIR IV Wonororejo, Distrik Manem, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 410/Alugoro Letkol M Heri Amrulloh ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Jumat, mengatakan guna meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa seluruh jajaran menyempurnakan kegiatan ibadah puasa di bulan suci Ramadan dengan membagikan zakat fitrah kepada kaum fakir miskin, duafa, mualaf dan anak yatim piatu di wilayah perbatasan.

"Kami melaksanakan kegiatan pembagian zakat fitrah ini dengan cara keliling kampung dari rumah ke rumah warga dan diikuti oleh seluruh angota di pos-pos jajaran Satgas," katanya.

Selain pembagian zakat fitrah kepada kaum fakir miskin, duafa, mualaf dan anak yatim piatu, kata Heri, Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro juga membagikan kitab suci Alquran dan Alkitab secara simbolis kepada warga di perbatasan.

"Kitab suci Alquran diterima oleh masyarakat muslim sedangkan Alkitab diterima oleh tokoh agama Nasrani, Matheus Wey yang selanjutnya akan dibagikan kepada warga masyarakat Nasrani," katanya.

Menurut dia, warga perbatasan sangat antusius dan apresiasi kegiaitan tersebut apalagi disertai dengan pembagian kitab suci Alquran dan Alkitab.

"Tujuan pembagian zakat fitrah selain untuk menyempurnakan ibadah puasa dan pembagian kitab suci Alquran serta Alkitab untuk meningkat iman dan taqwa bagi seluruh warga yang ada di wilayah perbatasan. Dengan iman dan taqwa yang kuat niscaya tujuan pembangunan di wilayah perbatasan akan segera cepat terwujud," katanya.

"Warga juga mengharapkan semoga kami dapat menjalankan tugas di perbatasan berjalan aman dan lancar," katanya lagi (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024