Jayapura (Antara Papua) - Satuan tugas (Satgas) pengaman perbatasan (Pamtas) Yonif 410/Alugoro menggelar nonton bareng (nobar) bersama masyarakat guna menyambut HUT Bhayangkara 1 Juli 2017 di Kampung Waris, Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua tak jauh dari perbatasan Papua Nugini.

Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif 410/Alugoro Letkol M Heri Amruloh ketika dihubungi dari Kota Jayapura, mengatakan nobar itu dihadiri oleh aparat TNI, Polri dan masyarakat setempat.

"Acara nobar tadi itu (Jumat malam) dihadiri sekitar 300 warga Kampung Waris dan sejumlah kampung terdekat, dan jelang pukul 00.01 WIT kami menyalakan kembang api sebagai momentum peringati HUT Bhayangkara Polri," katanya.

        Selain nonton bareng, kata dia, acara tersebut diselingi dengan door prize, kuis, dan penyerahan kue ulang tahun dari Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro kepada Polsek Waris.

        "Jadi, saya sebagai Dansatgas Pamtas Yonif 410/Alugoro menyerahkan kue ulang tahun kepada Kapolsek Waris Iptu Pol Slamet Pramono, sekaligus secara bersama menyalakan kembang api tepat pukul 00.01 WIT bertanda memasuki 1 Juli 2017," katanya.

        Menurut dia, pengamanan wilayah perbatasan tak lepas dari sinergitas semua pihak termasuk personil Polri yang menjaga kamtibmas dengan penuh dedikasi tinggi, meski  jauh dari sanak keluarga namun ditempuh dengan kesabaran.

        "Untuk itu, kami gelar acara nobar ini dan terkait keamanan, saya meyakini bahwa 1 Juli aman, tidak ada pengibaran bendera-bendera selain merah putih karena hari tersebut adalah Hari Bhayangkara yang perlu di sambut dengan suka cita,"katanya.

        Secara terpisah, di Kampung Wembi, Distrik Manem, Kabupaten Keerom digelar acara yang sama yang diinisiasi oleh Yonif 410/Alugoro yang dipimpin oleh Wadan Satgas Mayor Inf Acuk Adriyanto yang ditandai dengan penyerahan kue HUT kepada wakil dari Polsek Arso yang disaksikan Kepala Distrik Adolf Boryan.

        "Acara di Wembi tak kalah meriah, masyarakat yang hadir sekitar 260 orang, di mana Wadansatgas Yonif 410/Alugoro Mayor Inf Acuk Adriyanto menyerahkan kue ulang tahun kepada personel Kepolisian dan penyalaan kembang api, acara berakhir pukul 01.30 WIT dengan penutup makan bersama TNI, Polri dan masyarakat,"kata Heri. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024