Jayapura (Antara Papua) - Gubernur Papua Lukas Enembe mengagendakan pengaktifan kembali anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika setelah berkoordinasi dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng.

"Kami ikuti terus perkembangannya, kemungkinan yang bagus adalah diaktifkan kembali karena sedikit lagi akan digelar pilkada," katanya di Jayapura, Senin.

Menurut Lukas, nantinya dalam pemilihan kepala daerah, jika tidak ada anggota DPRD maka bagaimana melaksanakan pilkada tersebut apalagi dewannya bermasalah.

"Jadi lebih bagus diaktifkan kembali, untuk itu kami kini sedang menyurat kepada Kemendagri mengenai permasalahan ini," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya masih mengikuti proses yang berjalan dan diharapkan DPRD Mimika dapat kembali aktif serta bekerja sama dengan bupati setempat sehingga tidak menganggu stabilitas di Timika.

"Pelantikan DPRD Mimika awalnya terhambat karena keputusan pengadilan tata usaha negara untuk SK gubernur, ternyata bukan karena SK gubernur, namun keterlibatan panwaslu di KPU setempat," katanya lagi.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng akhirnya mendukung pengaktifan kembali anggota DPRD Mimika terpilih periode 2014-2019 dan memastikan pengaktifan kembali akan direalisasi awal September 2017.

"Namun semua itu harus ada dasar hukum dan dikeluarkan oleh Gubernur Papua, jadi teman-teman DPRD sabar sedikit paling lambat awal September sudah aktif," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024