Timika (Antara Papua) - Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono mendesak Bupati Mimika Eltinus Omaleng untuk mengaktifkan kembali Sekretaris Daerah Mimika definitif Ausilius You.

"Banyak hal yang tidak bisa dilaksanakan jika Sekda itu hanya Pelaksana tugas, makanya sekda defenitif harus diaktifkan kembali," kata Sumarsono di Timika, Rabu.

Menurut dia, sekda defenitif memiliki kewenangan untuk mengawasi RAPBD perubahan maupun induk sebagai ketua tim anggaran Kabupaten Mimika.

Jika tidak maka dikategorikan bertentangan dengan ketentuan hukum.

Sumarsono mengaku masih percaya dan yakin jika Bupati Mimika memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun Mimika sehingga hal yang berkaitan dengan pengaktifan kembali sekda defenitif dapat segera dilaksanakan.

"Dalam proses konsolidasi ini tidak ada menang dan kala. Semua mundur satu langka untuk seribu langka ke depan yang lebih baik. Tidak ada lagi yang mamanya harga diri kita semua bersaudara demi kemajuan Mimika," ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Mimika Eltinus Omaleng secara resmi mencopot Ausilius You dari jabatan Sekretaris Daerah setempat sejak 9 Juni 2016, dengan alasan karena sudah lama menjabat hingga beberapa periode.

Guna mengisi jabatan yang lowong yang ditinggalkan Ausilius You, Bupati Omaleng menunjuk Alfred Douw yang kini menjabat Asisten IV Setda Mimika selaku pelaksana tugas Sekda Mimika.

Ausilius You diangkat menjadi Sekda Mimika sejak 2012 sejak masa kepemimpinan Bupati Mimika Klemen Tinal (kini menjabat Wakil Gubernur Papua) hingga Bupati Abdul Muis.

Pada 2013 hingga 2014, You dipercayakan menjabat Caretaker Bupati Mimika saat daerah itu menggelar kegiatan pilkada.

Setelah pasangan Eltinus Omaleng-Yohanis Bassang dilantik menjadi Bupati-Wakil Bupati Mimika pada September 2014, Ausilius You kembali ke jabatan awalnya sebagai Sekda Mimika.

Tak lama berselang setelah menjabat Plt Sekda, Alfred Dou Alfred menyatakan pengunduran dirinya dengan membacakan surat pengunduran diri resmi dari jabatan sekda pada 16 Januari 2017.

Alfred menyatakan pengunduran dirinya dengan memperhatikan surat Mendagri nomor 821/7980/OTDA tanggal 17 Oktober 2016 yang diteruskan oleh Gubernur Papua Lukas Enembe dengan surat nomor 133/14472/SET tanggal 23 November 2016 tentang pengaktifan kembali Ausilius You sebagai Sekda Mimika.

Namun pengunduran diri Alfred sebagai Plt Sekda tersebut tidak ditanggapi serius oleh Bupati Mimika, bahkan bupati bersikeras untuk mempertahankan Alfred sebagi PLT Sekda hingga kini. (*)

Pewarta : Pewarta: Jeremias Rahadat
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024