Serui (Antara Papua) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Yapen mengapresiasi kembalinya 77 anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) ke pangkuan NKRI, kemudian menyatakan ikrar kesetiaan kepada Indonesia.

"Kejadian pada HUT ke-72 Kemerdekaan RI ini adalah hal yang luar biasa. Patut diapresiasi semangat saudara-saudara kita untuk mau kembali ke pangkuan NKRI dan menyatakan menolak secara tegas semua perjuangan yang menolak pembangunan dan perjuangan melepaskan diri dari NKRI," ujar Bupati Kepulauan Yapen Tonny Tesar, saat memberikan sambutan pada upacara pernyataan ikrar kesetian kepada NKRI yang digelar di Kampung Wadapi, Distrik Persiapan Wadimomi, Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua, Kamis.

Ia mengatakan pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI Polri sangat berharap kita semua hidup damai aman dalam bingkai NKRI.

"Untuk itu saya sebagai perwakilan pemda dengan tangan terbuka dan mewakili TNI/Polri dan seluruh masyarakat menerima baik saudara-saudara kita ini," ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan perhatian sehingga semuanya diharapkan secara bersama-sama mengisi kemerdekaan ini.

Sementara itu, kepada 77 anggota OPM yang baru menyatakan ikrar kesetiaan, Bupati Tonny menyatakan ikrar yang diucapkan tadi didengarkan oleh semua yang hadir.

"Ikrar yang anda ucapkan tadi didengar oleh semua yang hadir terutama oleh Tuhan Yang Maha Esa. Untuk itu saya berharap kita semua menjalankannya sebaik baiknya dan bertanggung jawab," ujarnya. (*/adv)

Pewarta :
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024