Jayapura (Antara Papua) - Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, Papua menggelar Operasi Cipta Kondisi (Cipkon) dengan melakukan razia dan patroli di sejumlah tempat guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang perayaan Idul Adha 1438 H.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua Kombes Pol AM Kamal di Kota Jayapura, Minggu (27/8) malam, mengatakan Operasi Cipta Kondisi itu dilakukan pada pada Sabtu (26/8).

"Operasi Cipta Kondisi dipimpin langsung Kabag Ops Polres Biak Numfor Kompol Edison didampingi Kasat Sabhara Iptu Erlan Sugianto dengan melibatkan personel gabungan dari Polres Biak Numfor dan PM TNI," katanya.

Menurut dia, operasi tersebut menyasar penyakit masyarakat seperti aksi mengkomsumsi minuman keras, pasangan muda-mudi yang nongkrong di tempat sepi hingga ke tempat-tempat hiburan malam.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberantas penyakit-penyakit masyarakat yang masih sering terjadi dan dapat mengganggu kamtibmas," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, lanjut Kamal, masih ditemukan adanya kelompok warga yang mengkonsumsi minuman keras, ada juga pasangan muda-mudi yang nongkrong di tempat sepi yang sangat rawan terjadi tindak kriminal seperti pemerkosaan dan lainnya.

"Warga yang ditemukan sedang mengkonsumsi minuman keras langsung diamankan dan setelah kondisi sudah tidak mabuk lagi diberikan sanksi membuat pernyataan untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya," katanya.

Sedangkan pasangan muda mudi yang ditemukan juga diamankan dan dipanggil orang tuanya untuk diberikan penjelasan dan imbauan agar dapat melakukan pengawasan terhadap putra-putrinya.

"Pelaksanaan operasi itu dilakukan dari pukul 11.00 WIT hingga pukul 04.00 WIT dan situasi selama kegiatan berlangsung aman dan kondusif," katanya. (*)

Pewarta : Pewarta: Alfian Rumagit
Editor :
Copyright © ANTARA 2024